Jurnal Review : Analisis Bahan-Bahan Alternatif Pengolahan Dalam Pembuatan Kertas

Penulis Lilis Rosmainar
Publisher Jurnal Inkofar
Nomor ISSN 2581-2920

Sari

Kertas telah menjadi kebutuhan utama bagi manusia atau perusahaan dalam bidang pengarsipan dan penyampaian informasi serta pembuatan alat pembersih. Peningkatan permintaan kertas menjadi bagian dari peningkatan eksploitasi hutan dan pohon, karena bahan utama dalam pembuatan kertas adalah kayu. Dengan demikian mencari bahan-bahan alternatif dalam pembuatan kertas dilakukan dan di teliti oleh berbagai pihak. Beberapa peneliti menemukan bahwa banyak jenis tanaman yang bisa digunakan sebagai bahan alternatif dalam pembuatan kertas, yaitu seperti tebu, sampah kertas, batang pisang, enceng gondok, kulit jagung, tongkol jagung, jerami, tandan kosong kelapa sawit, kulit kacang, rumput gajah, serat aren, dan daun kirinyuh. Metode yang digunakan dari beberapa penelitian yang telah dilakukan yaitu dengan menggunakan cara kimia (chemical pulping) dengan menggunakan NaO. Berdasarkan hasil yang diperoleh sebagian besar jenis tanaman yang digunakan sebagai bahan alternatif pembuatan kertas adalah dari jenis tanaman famili Poaceae dengan kertas yang dihasilkan adalah kertas seni (art paper), sedangkan yang dapat digunakan untuk kertas tulis adalah menggunakan tandan kosong kelapa sawit. Oleh karena itu berdasarkan hasil yang diperoleh jenis tanaman yang digunakan pada beberapa penelitian didapatkan bahwa jenis tanaman yang telah digunakan baik untuk menghasilkan kertas seni (art paper).

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Asngad, A., 2016, Pemanfaatan Kulit Kacang Dan Bulu Ayam Sebagai Bahan Alternatif Pembuatan Kertas Melalui chemical pulping dengan menggunakan NaOH dan CaO, Universitas Muhammadiah Surakarta, Surakarta.

Asngad, A., Septian N.I.T., Enggar R.S., Pemanfaatan Rumput Gajah (pennisetum purpureum) untuk.Pembuatan Kertas Melalui chemical pulping menggunakan NaOH dan Na2CO3, Universitas Muhammadiah Surakarta, Surakarta. (https://media.neliti.com/media/publications/172534-ID-pemanfaatan-rumput gajahpennisetum-purp.pdf)

Bahri, S, 2015, Pembuatan Pulp dari batang pisang, Jurnal Teknologi Kimia Unimal 4:2 hal. 36-50.

Fatyasari N.I., Helda N, Choir M., 2013, Pemanfaatan serat selulosa Eceng gondok (eichhornia crassipes) sebagai bahan baku Pembuatan kertas: isolasi dan karakterisasi, Universitas Lambung Mangkurat

Hadi, M., 2008, Pembuatan Kertas Anti Rayap Ramah Lingkungan dengan Memanfaatkan Ekstrak Daun Kirinyuh (Eupatorium odoratum), Jurnal Bioma

Lopes, A., 2013, Pemanfaatan Jerami Padi (oryza sativa) Menjadi kertas seni (art paper) dan produk kerajinan, Politeknik Pertanian Negeri Samarinda, Samarinda.

Purnawan, Cyrilla I.P., 2014, Pembuatan Pulp Dari Serat Aren (Arenga Pinnata) dengan Proses Nitrat Soda, Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains dan Teknologi.

Putri D.P., 2015, Pemanfaatan Kulit Jagung Dan Tongkol Jagung (Zea Mays) Sebagai Bahan Dasar Pembuatan Kertas Seni Dengan Penambahan Natrium Hidroksida (Naoh) Dan Pewarna Alami. Universitas Muhammadiah Surakarta, Surakarta.

Syamsu K., Liesbetini H., Gamma I.P., Han R., 2014, Campuran Pulp Tandan Kosong Kelapa Sawit dan Selulosa Mikrobial Nata de Cassava dalam Pembuatan Kertas, Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia.

Vitaloka, A., 2017, Karakteristik kertas berbahan baku ampas tebu dan sampah kertas, Universitas Sumatera Utara, Medan.