Implementasi Metode Simple Additive Weighting Untuk Menentukan Karyawan Teladan di PT Smart Solution Bekasi

Penulis Cepi Cahyadi, Manase Sahat H Simarangkir
Publisher Jurnal Inkofar
Nomor ISSN 2581-2920

Sari

PT Smart Solution memiliki banyak karyawan yang berprestasi, tetapi ketika melakukan proses seleksi karyawan teladan sangat sulit, karena setiap karyawan memiliki kemampuan yang berbeda-beda, Pengambilan keputusan untuk memilih karyawan teladan melainkan atas dasar subyektifitas kepala bagian departemen yang terkait yang berbeda-beda. Sehingga banyak yang mengajukan komplain tentang keputusan terpilihnya karyawan teladan yang kurang tepat sasaran. Dengan permasalahan yang ada maka peneliti mencoba merubah sistem yang lama dengan menerapkan sistem pendukung keputusan menggunakan metode Simple Additive Weighting. Konsep dasar metode Simple Additive Weighting adalah mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif pada semua atribut.Kriteria yang menjadi penentuan karyawan teladan di PT Smart Solutionadalah penilaian kinerja, masa kerja dan Sikap. Nilai yang lebih besar akan mengindikasikan bahwa alternative lebih terpilih. Pada kasus penentuan Karyawan teladan di PT Smart Solution hasil dari penilaian menggunakan metode Simple Additive Weighting dengan menggunakan penilaian yang sebelumnya akan terlihat perbedaannya pada saat proses perangkingan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

 

Dessler, Gary (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi 10, terjemahan, Salemba Empat

Latif, Lita Asyriati, Mohamad Jamil, dan Said HI Abbas. 2018. Sistem PendukungKeputusan Teori dan Implementasi.Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Mulyani, Evi Dewi Sri. Yoga Handoko Agustin dan Sri Fitria Kamellia. (2015). Sistem Pendukung Keputusan Siswa Teladan Menggunakan Metode Simple Additive ( Studi Kasus : Di Smp Negeri 3 Tasikmalaya ). Seminar Nasional Informatika. 38–44.

Nofriansyah, Dicky. (2014). Konsep Data Mining vs Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Deepublish.

Anita Siandar RMS, Jamal Purba “Penentuan Karayawan Lembur Dengan Metode AnalyticalHierarchy Process (Ahp)”Jurnal Inkofar * Volume 1 No. 2, Desember 2018 * ISSN: 2615-3645 (Print) / 2581-2920 (Online)Tersedia secara online di: http://www.politeknikmeta.ac.id/meta/ojs/

Rina Endarti, Andriani Kusumaningrum, Wawan Laksito YS “PENERAPAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING DALAM MENGEVALUASI KINERJA KARYAWAN UNTUK MEMILIH KARYAWAN TELADAN DI PT. SRITEX, TBK (DEPT. SPINNING V) SUKOHARJO

Saefudin, Sri Wahyuningsih “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penilaian Kinerja Pegawai Menggunakan Metode AnalyticalHierarchy Process (Ahp) Pada RSUD Serang” Jurnal Sistem Informasi Vol- 1 No.1 2014 ISSN: 2406-7768”

Sutabri, Tata. 2012. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: ANDI.